Sabtu, 05 Januari 2008

Tahun Baru

Disetiap pergantian tahun, selalu ada pesta, umumnya disebut pesta tahun baru, namun yang menjadi pertanyaan apa sebenarnya arti tahun baru?

Malam / Hari Tahun baru tidak ada bedanya dengan malam / hari yang biasa? lantas kenapa bisa istimewa?.

Karena pergantian tahun?
Apa sebenarnya pergantian tahun? itukan cuma penanggalan tanggal , bulan dan tahunnya disepakati oleh para penggagas tahun, sekarang ini 2008, tapi dalam sejarah kita kenal bahwa dinosaurus hidup di dunia ini sekitar 65 Juta tahun yang lalu. Arab juga punya tahun sendiri yang bukan 2008 dan bukan january yang jadi permulaan tahunnya, demikian juga cina yang punya tahun yang lebih tua dari masehi.

Kenapa januari menjadi awal tahun, kembali lagi ke sepakatan awal para penggagas, bagaimana kalau awal tahun itu dimulai februari, atau maret atau november. Hanya karena sudah berlangsung sangat lama sehingga sudah menjadi sesuatu yang spesial, padahal tidak ada bedanya tanggal 1 januari dengan tanggal - tanggal yang lain di penanggalan masehi, kalau peristiwa itu di sebut - sebut sebagai sekali setahun, bukankah semua tanggal hanya sekali dalam setahun tidak hanya 1 januari. 1 Januari tetap saja 24 jam juga, tidak ada yang spesial.

Hanya saja karena "diperjanjikan" sebagai awal tahun maka banyak pesta digelar, hal ini sedikit ironis dimana sebagian warga Indonesia khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, serta beberapa bagian di Jakarta sedang mengalami musibah banjir. Jika saja uang yang digunakan untuk membuat pesta tahun baru di alihkan pada mereka yang tertimpa musibah, bayangkan banyaknya orang yang tertolong.

Tidak ada komentar: