Minggu, 13 Januari 2008

Pegal Abis

Dalam rangka memonitor perkembangan atlet - atlet PON XVII Kaltim, Koni SULSEL melakukan serangkaian test. Yang pertama adalah test kesehatan, yang ke dua test Fisik. Yang pertama dilaksanakan tanggal 8 Januari 08, dan besoknya 9 Januari 08 test fisik, test kesehatan ditempatkan di Kantor Koni Jl. Sultan Hasanuddin, dan test fisik di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM Banta - bantaeng.

Ada yang unik saat test kesehatan, berhubung saya baru sekali berbeda dengan beberapa atlet cabang yang lain yang sudah melakukannya lebih dari sekali. Setelah periksa denyut nadi dan tekanan darah saya pun masuk kedalam sebuah ruangan. Didalam saya berjumpa dengan beberapa atlet yang lain yang sedang menunggu giliran dan seorang lagi sedang diperiksa oleh tim kesehatan.

Saya mencari tempat buat duduk, ruangan lumayan dingin lagian di luar juga lagi hujan, pas menoleh ke atlet yang diperiksa saya melihat sudah ditelanjangi, rupanya biar "Kantung Menyan" juga tidak luput dari pemeriksaan. Sambala!

Esoknya test fisik, seperti yang sudah saya duga, kondisinya tidak jauh beda dengan test pada persiapan PON XVI lalu. Saya mulai melakukan test antara lain :
Kelenturan, Medicine Ball, Vertical Jump, Whole Body Reaction, Lenght Dinamometer, Back Dinamometer, Side Stepping, Sit Up, Back Shift Up, Scotch jump. Yang terakhir VO2Max. Sewaktu selesai scotch jump saya sudah lemas sekali. Tapi begitu disuruh melakukan VO2Max (lari dengan irama) saya sudah khawatir soalnya saya paling lemas kalau yang ini, akhirnya cuma bisa sampai level 3.2 :D

Malamnya saya tidak latihan rutin, kecapean. Pas hari jumat (11/01/08) saya pun datang ke Koni untuk latihan rutin, rupanya semalam sebelumnya hasil penilaian sudah diumumkan dan pelatih saya sudah di konfirmasi bahwa nilai test saya itu kurang. Nilai yang diharapkan Koni adalah 7 sedangkan saya cuma bisa 6 point sekian, dan karena khawatir akan kondisi fisik kami, maka pelatih pun memberikan latihan fisik, padahal pegal karena scotch jump belum juga hilang.

Besok paginya (12/01/08) saya masih harus melakukan "Condition Training" alias latihan beban. Terpengaruh ingin meningkatkan hasil test, beban pun saya tambah. Hasilnya pegal juga tambah. Siangnya saya dua kali mengalami kram pada paha, saya pun berfikir "wah, gawat juga kalau pas tengah malam kramnya datang", untung saja tidak terjadi.

Pegal - pegal yang saya rasakan sepertinya ini yang paling parah selama saya menjalani latihan. But Show Must Go On. Besok harus latihan lagi. :((

Tidak ada komentar: