Sabtu, 29 Desember 2007

Berita copy paste

Entah dimana saya membaca, tapi sepertinya di sebuah blog yang mengatakan bahwa informasi dari detik.com merupakan copy paste dari situs luar. Bahkan hanya melakukan penerjemahan saja. Sehingga ada comment dari mereka yang mengatakan bahwa mendingan membaca koran lokal.

Hal ini kontras di makassar, dimana ada beberapa berita biasanya mengenai selebriti, olah raga luar negeri yang copy paste dari detik.com, saya kadang merasa de javu jika pas membaca koran lokal makassar yang beritanya sudah saya baca sebelumnya di detik.com.

Tidak dapat di pungkiri bahwa internet makin memudahkan para wartawan untuk mencari berita, tapi bukankah wartawan adalah pencari berita bukan mereka yang melakukan copy paste karena di kejar deadline untuk terbit. Yang patut disayangkan karena tidak adanya kreasi misalnya mengkombinasikan dengan beberapa situs sehingga tulisan yang dimuat tidak dejavu dengan berita di internet.

Memang untuk menyajikan informasi yang harus meliput langsung di tempat kejadian membutuhkan biaya yang besar, salah satu solusinya adalah dengan mengambil berita di internet tapi jangan asal copy paste saja, kombinasikan berita dari beberapa sumber, baca berita dari situsnya paparkan kembali dengan versi sang wartawan sehingga walaupun inti berita yang diturunkan sama tapi tidak persis sama dengan yang ada di internet termasuk titik komanya.

Tidak ada komentar: