Jumat, 15 Agustus 2008

Kernel 2.6.26-2

Update
Rupanya pm-utilslah yang membuat suspendnya berfungsi, semalam mencoba untuk uninstall dan suspend langsung gagal dengan suksesnya (gagal kok sukses hehehehe), sebenarnya sudah pernah mencoba menginstallnya di kernel sebelumnya tapi mungkin karena waktu mengcompile tidak memberikan opsi lain jadi di install /usr/local tapi yang sekarang ini di install di /usr (--prefix-/usr )

Saya tidak begitu ngeh melihat posting tentang keluarnya kernel baru 2.6.26-2 tapi karena sedang ingin menguji delay pool (pembatasan bandwidth) di proxy saya download kernel tersebut. Setelah download saya diamkan beberapa hari (masak kali...) hingga kemarin saya secara ogah - ogahan mengkompilasinya dan hasilnya ...

Suspend berfungsi normal ,tidak perlu lagi mengkompilasi modul sd_ricoh untuk mmc/sd card. Wow

Kernel
Bagi yang bergelut dengan linux biasanya (akan) mendengar istilah kernel, kernel sendiri adalah sebuah rutin program yang menjembatani antara hardware dan software aplikasi, juga biasa disebut sebagai inti dari sistem operasi.

Pembahasan ini bukan mengenai cara mengkompilasi kernel, tapi problem apa yang terselesaikan dengan melakukan upgrade ke kernel 2.6.26-2 ini.

Suspend di slackware 12.1 sudah saya laporkan di Makassar Slackers, suspend ogah berfungsi di gnome, bahkan saya berniat mendowngrade ke slackware 12.0 hanya karena suspend

Suspend
Suspend adalah proses meminimkan penggunaan power sehingga seolah - olah mati dan menyimpan semua kondisi terakhir di memory (RAM), saya sangat senang dengan fasilitas ini karena komputer akan lebih cepat digunakan tanpa perlu proses booting dan shutdown. Suspend juga biasa disebut sleep.

Bukan tidak pernah saya mencoba melakukan trouble shooting untuk mengaktifkan suspend dislackware 12.1 (gnome) namun selalu gagal, semua kondisi untuk mengaktifkan suspend ok namun gnome tidak mau suspend.

Trial an error:
Stupid mode, saya menginstall slackware 12.0 selanjutnya mengupgrade paket - paket slackware 12.0 dengan paket 12.1, tidak semuanya hanya yang berhubungan dengan suspend yaitu : dbus dan hald. Kesimpulannya hald yang membuat masalah, karena pada saat mengupgrade ke hald suspend langsung ngambek, begitu downgrade normal lagi.

Saya bahkan sempat mengkompilasi paket dari hald tapi belum sempat dipaketkan, keburu menggunakan kernel 2.6.26-2, dan suspend bekerja normal. Maka makin bingunglah saya, karena sebelumnya saya pernah mencoba mengupgrade kernel ke 2.6.24-5 tapi gagal. Sekarang yang salah kernel atau hald sih. Bodo amat yang penting suspend jalan.

Eits, sebenarnya masih ada yang saya lakukan sebelum itu, tapi saya tidak yakin kalau itu yang menjadi penyebab sehingga suspend bekerja, saya menginstall pm-utils sebuah utiliti untuk melakukan suspend dari perintah text. Suspend dengan gaya ini (waktu masih kernel default) sudah berfungsi tapi konsekuensinya setiap kali mau suspend harus mengetikkan perintah "pm-suspend" di text mode, ribet banget, sedangkan biasanya hanya dengan menutup laptop maka suspend aktif.

Sewaktu booting sekilas kulihat info (dari modul) soal mmc, iseng saya masukin mmc card dan langsung kebuka sama nautilus, wow, padahal sebelumnya harus kompilasi sd_ricoh.cs

2 komentar:

Anonim mengatakan...

suspenku berjalan dengan normal, sayangnya begitu cabut colokan listrik maka semua aktifitas laptop ikut mati "baterai jebol" kasihan juga ni suspen di latop saya. hehehe

Anonim mengatakan...

Wah, harus diganti segera itu battery, cuma harga battery lumayan sih, saya mau sih battery yang kayak lenovo punya bisa sampe 10 jam wow