Rabu, 02 Maret 2016

SMS ...

image from : http://www.free-icons-download.net/images/sms-text-message-icon-32311.png

Kapan terakhir kali menerima SMS (Short Message Service) yang betulan, bukan SMS iklan?. Ya, SMS saat ini sudah mulai terpinggirkan dengan banyaknya aplikasi - aplikasi messaging (saya tidak tau bahasa indonesianya apa, perpesanan kayaknya agak lucu hahaha).

SMS pernah menjadi idola, saat itu koneksi internet di telepon selular masih terbilang mahal kalau kita tidak mau menyebutnya tidak ada. SMS saat itu pun tidak gratis, saya masih ingat menggunakan SMS dengan harga Rp. 350.-. Setiap selesai mengirimkan SMS, ritual cek pulsa sepertinya wajib bagi pengguna telepon selular.

Operator selular juga sepertinya "panen" dengan layanan ini.
Saya sempat ingat, suatu waktu ada SMS gratis dan layanan inipun dipenuhi oleh traffic pelanggan, bahkan ada beberapa info yang katanya ada orang sampai "kapalan" jari - jarinya karena kebanyakan SMS. 

Bahkan saking populernya jika menjelang event tertentu seperti Lebaran dan Tahun Baru, operator menghilangkan report SMS (biasanya menyampaikan bahwa SMS tersebut telah diterima) karena saking sibuknya dan tentu saja bisa menghemat setengah traffic SMS.

Blackberry memulai menggerus kejayaan SMS dengan BBMnya, dan mulai membanjirnya aplikasi instant messaging, SMS sudah semakin dilupakan, umumnya orang menggunakan aplikasi ditambah dengan banyaknya emote icon, dapat membuat group yang semuanya cuma sekali bayar yaitu penggunaan paket data internet, dan itupun masih sangat murah dibandingkan dengan harga SMS operator.

Satu kelebihan dari Instant Messaging karena kita tidak dapat pesan massal (walaupun ada broadcast message) seperti di SMS. Pengirim setidaknya butuh memasukkan kita di daftar alamatnya untuk bisa dikirimkan pesan, namun tidak dengan sipenerima yang bisa saja menerima pesan dari pengirim yang tidak terdaftar di kontak, ini yang membuat Instant Messaging lebih aman dari pesan promosi atau iklan, kampanye dll.

Namun saat ini SMS masih dirindukan setidaknya untuk transferan hahaha, jadi kapan terakhir terima SMS betulan?

Tidak ada komentar: