Rabu, 03 Mei 2017

Online Store dengan Wordpress dan WooCommerce plugin

picture from : http://static.wixstatic.com/media/f8b98a_0bfae64ed2cb40daa37d00c994928cc6~mv2.gif_srz_980_641_85_22_0.50_1.20_0.00_gif_srz

Menjamurnya bisnis online tidak lepas dari pesatnya penggunaan sosmed. Menurut data (ini tidak valid) pengguna internet Indonesia tahun 2016 mencapai 132juta orang, angka yang menggiurkan bukan?. Hal ini tentu bisa dikatakan "pasar" baru untuk bisnis online.
Bisnis online sejatinya telah lama booming, namun saat itu lebih aktif di sosmed, mulai dari Group aplikasi chatting(blackberry messenging, Whatsapp, Line, Telegram, dll), mikroblogging seperti twitter dan instagram, bahkan page/akun khusus di facebook.

Sebagai pengguna internet, saya juga pernah bahkan sering belanja online. Untuk tempat belanja yang sudah besar seperti lazada, tokopedia, dll, tentunya sudah punya sistem yang siap untuk melakukan belanja online termasuk urusan pembayaran dan pengiriman, semuanya terintegrasi dengan baik.

Nah, untuk lapak - lapak pemula (ini yang saya mau komentari) umumnya situs resminya hanya dijadikan sebagai display untuk produk mereka. Untuk pemesanan dan transaksi dilakukan terpisah menggunakan media yang lain whatsapp misallnya.

Dengan sedikit berkreasi kita bisa membangun toko online betulan menggunakan wordpress ditambah plugin WooCommerce.
Terdapat fasilitas yang cukup lengkap termasuk untuk menangani transaksi pembayaran, dan juga pengiriman.

Saya telah mencobanya, dan menurutku sangat mudah, namun saat ini saya tidak bisa memperlihatkan buktinya, karena saya mencobanya dikomputer lokal dan tidak dipublish (saya belum punya toko atau sesuatu yang akan dijual hahaha).

Namun setidaknya jika ada yang berminat untuk membangun toko online yang profesional, saya sarankan untuk setidaknya mencoba menggunakan Wordpress dengan plugin WooCommerce, cepat, mudah, murah dan profesional.

Tidak ada komentar: