Rabu, 23 September 2015

Seminar Microsoft

Kebetulan diundang untuk menghadiri acara Microsoft : MICROSOFT WIN 10 & CLOUD SOLUTION (18 September 2015), walau sebenarnya tidak terlalu berminat tapi gak apa - apa deh, minimal bisa keluar pada jam kantor, dapat makan dan ngopi gratis lagi hehehe.
Pembicara dari Microsoft membeberkan produk - produknya, salah satunya adalah Office 365 yaitu aplikasi office online yang sebelumnya sudah ada google docs, gratis lagi sedangkan Office 365 mesti bayar :p.




Tapi bukan tanpa fitur unggulan, salah satu yang menarik menurutku adalah simultan edit, namun tetap memberikan keterangan siapa yang sedang mengedit, juga ada versi - versi terdahulu (record) setiap kali terjadi edit.

Selebihnya hampir semuanya adalah fitur yang lebih dulu ada seperti one drive yang sudah lebih dulu diperkenalkan oleh Google lewat Google Drivenya, email, dll yang untuk menggunakannya harus bayar :(, sedangkan kita bisa dapatkan secara cuma - cuma dari yang lain.

Office 2013
Yang menarik menurutku justru fitur - fitur yang ada di Microsoft Office 2013. Memang Microsoft office masih yang terbaik dari sisi aplikasi perkantoran dengan Microsoft Officenya.

Fitur di MS Excel.
Misalnya kita punya table yang berisi kolom kolom yang sangat banyak, kemudian kita mau mencuplik sebagian atau keseluruhan kolom atau/dan menambah mengurangi dengan isi dari kolom lain, dulunya dipakai perintah atau fungsi - fungsi namun di Microsoft 2013 ini cukup ketikkan 2 baris maka baris selanjutnya Excel akan mengcopy / meniru hasil pada dua kolom diatas dan akan menerapkannya diseluruh kolom. Kalau penasaran silahkan googling sendiri dengan kata kunci "flash fill Excel 2013".

Fitur selanjutnya adalah "Quick Analysis", buatlah table yang berisi angka - angka blok tabel tersebut maka akan muncul icon disebelah kanan bawah icon, klik icon tersebut maka fitur - fitur seperti : jumlah, rata-rata, persentasi bisa dibuat dengan cuma klik, eits bukan cuma itu, bikin chart pun cuma dengan klik, dan beberapa fungsi yang lain lagi.

Pindah ke MS Word, sang pembicara membuka file pdf menggunakan Ms Word, tanpa perlu tools lagi, dan bisa ditebak, karena sudah terbuka dalam Ms Word berarti bisa diedit, tapi file yang bisa dibuka tentu saja file pdf yang hasil konversi dari Document bukan hasil scan.

Ah, lumayanlah minimal tambah isi kepala dan perut karena kita makan dulu sebelum pulang plus dapat goody bag :).

2 komentar:

MaztT UdHink mengatakan...

Kirim ke keera mi itu yang difoto...hahhaa. Anyway sygnya w.10 blm comptble dgn laptop merah ku. Hikzzzzzz

cwa` mengatakan...

Mantap mentong buka file pdf di word office 2013, asli rapi...