Selasa, 06 Januari 2015

nginX

Dengar nama nginx sebenarnya sudah lama sekali cuma belum tertarik untuk nyoba. Entah kenapa hari ini (mungkin lagi bosan nunggu kelamaan) akhirnya saya putuskan untuk mencoba nginx.

Sebelumnya saya sempat googling dengan keyword "apache nginx comparison" dan hasilnya cukup membuat saya berfikir untuk mencobanya.

Saya pun coba nyari slackbuildnya di slackbuilds.org.
Download dan install dan test dan wuzz wuzz wuzz.

Karena biasa maen dengan php coba ngetest akitfkan phpnya dan ternyata sangat mudah.

Selanjutnya adalah maenan alias, coba googling dan ternyata lagi - lagi sangat mudah, saya sangat terkesan dengan nginx ini.

Lanjut lagi maenan virtual host ... lagi - lagi confignya yang sangat mudah dan sangat sederhana yang membuat saya terkagum - kagum dengan nginx ini.

Ternyata betul perumpaan disalah satu website/blog yang mengungkapkan Apache itu seperti Ms Word punya ribuan fitur tapi kita hanya butuh 6 fitur, sedangkan semua fitur yang kita butuhkan itu ada di nginx.

Belum lagi hasil benchmarknya yang sangat mengunggulkan nginx terhadap apache.

Sepertinya sebentar lagi apache disemua serverku akan migrasi ke nginx.
>:-)

Tidak ada komentar: