Selasa, 31 Januari 2012

KDE 4.8.0

KDE terakhir telah rilis beberapa hari lalu. Saya dapat infonya dari milis id-slackware di googlegroups diposting oleh Pak Willy. Karena KDE yang saya pake sehari - hari di komputer plat merah ini rada masalah (setiap kali login selalu dapat surat cinta - "kde crash report", dan juga sering ngehang kalau pake widget), saya putuskan untuk upgrade segera. Saya langsung menuju ke te.ka.pe. (OVJ style) hehehe.

Laptop plat merah ini berjudul Lenovo Z470, walau tetap bisa pake KDE tapi pas - pasan.
Begitu dapat berita KDE bikinan Eric sudah kelar, tanpa nunggu lama, saya langsung download dari mirrornya Pak Willy.

Nah dari sini mau tidak mau harus nunggu, soalnya paketnya yang besar dan tentu saja lebar bandwidth, mau akses dari reponya Eric langsung, malah sudah disarankan untuk pake mirror :(, mungkin rsync otomatis dari para mirror yang membuat servernya Eric kelebihan akses dan melewati batasan bandwidth yang disewanya hehehe.

Anyway. Setelah coba, lumayan, seperti yang dilaporkan Pak Willy di blognya. Namun pas selesai instalasi, surat cinta dari KDE masih ada ... hiks.

Tidak lama setelah itu ... sebuah postingan dari Walecha di milis id-slackware tentang update KDElib. Segera download, dan hasilnya surat cinta dari KDE sudah tidak nongol lagi,

Sedangkan untuk masalah widget saya belum coba pasang lagi (sudah lumayan lama kde laptop plat merah ini tampil klimis), mungkin akan saya coba pasang lagi pagi ini.

KDE terakhir ini bukan tanpa masalah, sound notification adalah masalah yang paling pertama sekali terkuak, ya KDE kali ini rada "bisu". Bunyi notifikasi ketika login tidak terdengar, dan seperti yang ditulis (lagi - lagi oleh) Pak Willy di blognya, bisa dibetulin.

Selebihnya saya masih enjoy menggunakan KDE terbaru ini. Mudah - mudahan sudah tidak ada lagi masalah, dan perbaikan untuk notifikasi suara sudah dibenahi sehingga tidak perlu masukin full path file notifikasinya satu per satu ... :)

1 komentar:

arman mengatakan...

Updates :

1. Widget tidak lagi bermasalah
2. Hang setelah suspend juga sudah tidak terjadi lagi :)
3. KDE Crash hanya kalau memang ada yang bermasalah

Kesimpulannya saya senang sekali dengan KDE terakhir ini.