Sabtu, 24 Desember 2011

Android PC Suites

Beberapa bulan lalu saya sempat bermain - main dengan handphone android, waktu itu butuh trik hanya untuk melakukan manajemen dengan hp tersebut, beda sekali dengan Nokia atau Blackberry yang tersedia software untuk manajemen yang dibundel dengan handphonenya saat dibeli, tapi android tidak

Beberapa hari yang lalu seorang rekan meminta saya memanaje tablet androidnya. Permintaannya sih sederhana minta dicopykan music ke tablet android tersebut. Saya yang langsung ingat kasus terdahulu, mesti ini dan itu, tapi entah kenapa saya coba mengetikkan sesuatu di google, kalau saya tidak salah ingat keywordnya : manage android from pc, saya tidak sangka ternyata dengan auto suggestion dari google tentang android pc suite, dan hasilnya lumayan banyak.

Akhirnya saya mengklik salah satu link :
http://www.sizzledcore.com/2010/02/14/android-pc-software-roundup/
Wow ... ternyata android sudah demikian populernya sehingga barang yang dulunya rese hanya untuk masukin file sekarang sudah punya banyak sekali software 3rd party yang bisa digunakan.

Tapi pilihan saya jatuh pada Mobile Go, Saya install dikomputer rekan saya dan seperti yang saya harapkan, berfungsi seperti nokia pc suite, mantap. Begitu rekan saya kembali kemejanya setelah dari luar kantor, dan mendapati komputernya telah terinstall Mobile Go, dia senang sekali, karena tanpa saya pun dia sudah bisa melakukan apa yang dia mau dengan tablet androidnya.
Read More..

Kamis, 22 Desember 2011

Goyangin mobil/motor saat isi bensin

*Tulisan iseng tapi aneh aja liatnya*
Mungkin banyak dari kita yang pernah menyaksikan saat seseorang mengisi kendaraan (umumnya mobil) kemudian kendaraannya digoyang - goyang, tau kenapa???? supaya bensinnya masih bisa ditambah.

Trus memangnya kenapa ... yap betul, tidak ada yang salah dengan hal tersebut, hal ini sah - sah saja, siapa saja berhak melakukannya, cuma saya punya beberapa pertimbangan sehingga saya bisa sebut sebagai sebuah perbuatan yang sia - sia, tidak berguna, useless.

Kenapa bisa sia - sia. Saya punya beberapa alasan :

Bensin cair, bisa dengan mudah memenuhi ruang
Iya kan, bensin adalah cairan, sehingga dengan mudah memenuhi ruang yang ada. Kecuali jika desain dari tangki bensin itu seperti ini :





Sehingga jika di isi maka akan menyisakan ruang kosong seperti ini :




Tapi saya tidak yakin kalau desain tangki bensin seperti itu.

Berapa banyak yang bisa masuk setelah digoyang
Setelah digoyang biasanya bisa diisi lagi, tapi seberapa banyak sih yang bisa masuk setelah digoyang - goyang begitu, Kalaupun ada ruang setelah digoyang saya kira kemungkinan karena bensinnya sudah tenang, karena sebelumnya ada riakan karena disini bensin dengan kecepatan tuang yang lumayan kencang, belum lagi gelembung - gelembung yang disebabkan karena penuangan tersebut. Apalagi yang digoyang "motor", yang memang tangkinya kecil, mau muat berapa sih?. Sempat heran ngeliat seorang kakek yang menggoyang motor waktu beli bensin :(

SPBU banyak bertebaran
Kecuali dalam kondisi bensin langka (tapi ini tidak setiap saat terjadi) maka untuk mendapatkan bahan bakar bensin saya kira sangatlah mudah. Bahkan di pinggir jalan juga banyak dijual bensin eceran yang dijual dalam botol, so kenapa mesti dipaksakan.

Yang masih masuk akal kalau ke SPBU nya pake nota biasanya sudah ditentukan berapa liter di nota tersebut, jadi kalau motornya tidak muat maka notanya hangus, tapi umumnya orang bisa ngakalin dengan bawa wadah lain seperti jerigen :).

BTW, kembali lagi ke orangnya sih, mau goyang kek, tidak kek, terserah.
Saya cuma heran aja liat orang melakukan hal sia - sia ... useless

Read More..

Jumat, 09 Desember 2011

Lenovo Z470


Tertarik dengan VGA NVidianya saya pilih notebook ini ... ternyata ...
Cerita basi yang harusnya sudah dari dulu dipublish ...

Ceritanya nih, kantor ngasih laptop, disuruhlah saya milih. Sama manager diminta pilih yang lenovo, mungkin karena beliau pake lenovo juga. Saya pilih yang biasa - biasa aja toh kerjaanku paling berurusan dengan console, nah pas liat - liat lenovo punya produk saya tertarik nih sama z470, karena NVdia. (Begitulah kalau speed reading).
Akhirnya sempat liat lagi sekilas, ternyata ada tulisan "switchable", aduh ... mati mi. Tapi tetap positif thinking.
Barangnya datang. Install windows (asli pastinya), masukin driver sekali klik all-in-one driver terinstall, selesai.
Install slackware (32bit). Download driver NVidia, install ... blank.
wah ... uninstall.
Coba pake slackware 64bit.
Tanpa install NVidia, display ok, walau kadang - kadang blank diconsole sebelum masuk X, tapi tidak apa - apa, toh kemungkinan besar saya pake KDE.
Costumize KDE, pasang widget seperti laptop lama. Tidak lama berselang ... hang! wah.
Akhirnya KDEnya klimis, tidak ada variasi.
Test pake desktop effect ... alhamdulillah jalan ...
Fiuh ... tau begini saya tidak pilih Z470 ini ... tapi karena yang beli kantor, yah dipake aja semaksimal mungkin ... hehehehe

Gambar :
http://www.lenovo.com/images/products/lifestyle/ideapad/z-series/z370-z470-z570/z370-z470-z570_hero.jpg

Read More..

Selasa, 06 Desember 2011

Import address book email di outlook gaya linux

Setelah lama vakum, mau coba bikin postingan walaupun tidak bermutu hahaha.
Dalam beberapa kesempatan saya sering menggunakan solusi yang "aneh", yang penting maksudnya tercapai. Mungkin karena kelamaan jadi slackers kali ... hahaha. Seperti kasus ini.

Nah kali ini kasusnya mau menambahkan semua email yang terdaftar di email server supaya cuma sekali proses email - email tersebut sudah ada di address book user.

Menurut rekan yang pernah bekerja dengan msexchange, konon katanya bisa, tapi berhubung keseringan dengan qmail mesti cari cara lain. Setelah sempat brainstorming dengan rekan yang bersangkutan akhirnya bisa.

Syaratnya : Qmail + vpopmail dengan user ditaruh di mysql, Spreadsheet, sama mail client (misalnya outlook).

Pertama export account vpopmail dari database, butuhnya cuma pw_name untuk username, sama pw_gecos untuk realname.
Kalau sudah diexport (terserah via web, console atau apalah) silahkan paste hasilnya ke spreadsheet (excel atau calc sama aja).
Selanjutnya, pindah ke Mail Client. Buat sebuah entry di address book, setelah itu export address booknya ke format yang dikenali oleh spreadsheet.
Supaya format address book sama dengan yang dibutuhkan oleh mail client, tinggal sesuaikan dengan format hasil export dari vpopmail (minimal ada email dan realname).
Mainkan saja formula dispreadsheet untuk membuatnya sama :)
Save ke format yang dikenali untuk import oleh mail client, kasus saya format filenya csv.
Selanjutnya import. Beres.
Kalau mau dibagi ke user lain, kita export address book yang sudah komplet, ke format standard dari mail client tersebut, bagikan file exportnya, dan selesai :)
Read More..