Selasa, 06 Desember 2011

Import address book email di outlook gaya linux

Setelah lama vakum, mau coba bikin postingan walaupun tidak bermutu hahaha.
Dalam beberapa kesempatan saya sering menggunakan solusi yang "aneh", yang penting maksudnya tercapai. Mungkin karena kelamaan jadi slackers kali ... hahaha. Seperti kasus ini.

Nah kali ini kasusnya mau menambahkan semua email yang terdaftar di email server supaya cuma sekali proses email - email tersebut sudah ada di address book user.

Menurut rekan yang pernah bekerja dengan msexchange, konon katanya bisa, tapi berhubung keseringan dengan qmail mesti cari cara lain. Setelah sempat brainstorming dengan rekan yang bersangkutan akhirnya bisa.

Syaratnya : Qmail + vpopmail dengan user ditaruh di mysql, Spreadsheet, sama mail client (misalnya outlook).

Pertama export account vpopmail dari database, butuhnya cuma pw_name untuk username, sama pw_gecos untuk realname.
Kalau sudah diexport (terserah via web, console atau apalah) silahkan paste hasilnya ke spreadsheet (excel atau calc sama aja).
Selanjutnya, pindah ke Mail Client. Buat sebuah entry di address book, setelah itu export address booknya ke format yang dikenali oleh spreadsheet.
Supaya format address book sama dengan yang dibutuhkan oleh mail client, tinggal sesuaikan dengan format hasil export dari vpopmail (minimal ada email dan realname).
Mainkan saja formula dispreadsheet untuk membuatnya sama :)
Save ke format yang dikenali untuk import oleh mail client, kasus saya format filenya csv.
Selanjutnya import. Beres.
Kalau mau dibagi ke user lain, kita export address book yang sudah komplet, ke format standard dari mail client tersebut, bagikan file exportnya, dan selesai :)

Tidak ada komentar: