Kamis, 19 April 2018

Diklat Wasit Daerah 2018

Sudah beberapa kesempatan kami merasa kekurangan wasit untuk setiap event pertandingan yang digelar, sehingga melakukan rotasi wasit sangat sulit, bahkan untuk sekedar mengisi kekosongan wasit yang berhalangan untuk bertugas saja kami repot.

Maka diputuskan untuk melaksanakan Diklat Wasit Daerah yang mana juga merupakan program dari pengurus Taekwondo Sulsel.
Beberapa waktu sebelum kegiatan, kami melakukan pertemuan untuk menyusun rencana kegiatan, dan diputuskan antara lain : Waktu Pelaksanaan, Target Peserta, Pemateri/Instruktur, Fasilitas untuk peserta, dll.

Karena jumlah peserta yang mendaftar jauh dari perkiraan (karena beberapa alasan termasuk peringkat DAN), akhirnya digabungkan dengan Penyegaran Wasit yang telah terlebih dulu menjadi Wasit Daerah. Total Peserta : 28 (19 Diklat, 9 Penyegaran).


Saya pun menyiapkan materi, Untuk peserta kami berikan Competition Rules dan Manual Book yang kami dapat pada Penyegaran Wasit Nasional tahun lalu, dan saya juga siapkan dalam bentuk presentasi sehingga tidak tampil monoton di layar.

Waktu pelaksaan dimulai pada Hari Jumat, 13 April 2018, setelah semua peserta check-in, dan Upacara Pembukaan, maka dimulailah pelaksanaan diklat.
Sebelumnya Materi - materi telah direncanakan untuk beberapa Instruktur, namun pada hari jumat itu masih ada beberapa Instruktur yang punya aktivitas lain sehingga belum sempat datang, maka semua acara pada siang sampai malam itu saya ambil alih.
Dimulai dari : Pembacaan Tata Tertib, Selanjutnya materi Introduction to Taekwondo Referee, setelah itu break untuk Sholat Maghrib dan makan malam dilanjutkan lagi untuk materi Competition Rules.
Materi ini tidak selesai tepat waktu, masih setengah dari seluruh materi yang saya paparkan namun waktu sudah selesai, peserta minta : istirahat, maka selesailah kegiatan malam itu.

Karena materi Competition Rules belum selesai, maka dilanjutkan keesokan harinya, ditambah dengan materi Manual Book, dan juga tambahan catatan dari PBTI. Kali ini pas, break sholat dhuhur & makan siang.

Materi selanjutnya adalah : Praktek, kali ini dibawakan oleh Abdul Syahid dan Hasrullah. Saya sibuk mencari video untuk materi scoring yang direncanakan malam. Ada beberapa video pertandingan yang telah saya download, namun belum sempat diedit untuk keperluan scoring.


Akhirnya waktu saya habis untuk mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan editing video, minimal untuk menghilangkan "score board" yang ada di video. Praktek scoring pun bisa dilaksanakan.

Besoknya : Ujian.
Selesai praktek scoring saya pun berkumpul dengan instruktur - instruktur lainnya untuk brainstorming pembuatan soal. Soal beres, saya pulang. Besoknya, peserta sudah siap di tempat ujian. Ujian teori kami mulai pukul 8:30 wib, setelah ujian test, selanjutnya praktek. Saat praktek saya berkesempatan untuk membuat soal ujian scoring menggunakan video. Saya mencari pertandingan untuk diambil klipnya.

Ujian Praktek selesai, selanjutnya test scoring.
Setelah semua peserta siap, video pun dimulai, tiap klip berisi cuplikan - cuplikan yang harus dinilai oleh peserta, namun karena belum pernah mereka melihat yang seperti ini sebelumnya ada beberapa dari mereka yang tidak bisa mengisi dengan alasan tidak ada waktu untuk menulis dan untuk kembali melihat video.
Akhirnya diberi kesempatan kedua, scoring diulang, untungnya saya membuat dua video.

Semua ujian telah selesai.
Saatnya penutupan dan foto - foto ...
Selamat datang Wasit - wasit baru ... siap siap bertugas ya ...




Tidak ada komentar: