Minggu, 21 Februari 2010

Masalah sound slackware di axioo

Beberapa waktu yang lalu, seorang mualaf slackware mencoba untuk menginstall slackware di laptopnya, waktu itu dicoba slackware 13, tapi belum nginstall sudah macet. Tapi karena pengen make linux, akhirnya mencoba sembarang distro. Kalau tidak salah waktu itu Sabily. Hanya saja, setelah selesai terinstall, soundnya bermasalah.

Setelah mencoba coba beberapa distro, akhirnya open suse bersuara di axioo tersebut, aneh. Namun yang paling aneh sebelumnya adalah, speaker di laptop tidak ada suara, tapi kalau pasang headset, suaranya ada, aneh.

Si "mualaf" berusaha lagi, mencoba menginstall slackware versi current. Sama seperti kasus sebelumnya, speaker bisu. Belum lagi display yang menggunakan chipset SIS. Namun bisa diatasi berkat tulisan dari Nhie, tampilannya pun tampil lebih baik.

Akhirnya iseng - iseng ngecek mixer, Dibagian Setting, Configure Channel ada Option Speaker, pas dicentang, muncul di bagian mixer dalam kondisi mute, begitu di lepaskan mutenya, slackwarenya pun sudah bisa berisik. :D

Si Mualaf itu Bernama Haeril si teaholic, yang suka ngopi hahaha
Read More..

Senin, 15 Februari 2010

Bongkar Laptop

Setelah sekian lama bersama saya, semalam (14/02/10) saya membongkar laptop. Hal ini disebabkan karena hujan yang mengguyur sore kemarin, dan karena sesuatu dan lain hal, harus tetap jalan dalam kondisi hujan. Tas saya sudah dibungkus, namun karena kerasnya hujan, tetap saja "kebanjiran".

Setibanya dirumah saya sudah prihatin, setelah sempat lap - lap si laptop, akhirnya saya coba untuk menghidupkannya. Dan On. Saya sudah senang, laptop saya tinggalkan dimeja, selanjutnya saya maen - maen dengan laptopnya ipar, pas mo kembali ke laptopku, saya sudah lihat keanehan, layarnya blank, saya kira karena screen saver, tekan - tekan enter tidak ada reaksi, ... panik mulai mendekat ... mati mi ...

Tekan tombol power, dengan harapan ada reaksi, tapi tetap seperti itu. Akhirnya laptop di matikan paksa (tekan tombol power beberapa detik). Abis itu nyalakan ulang, dan tetap tidak ada reaksi. Layar hitam tidak ada tampilan, sedangkan indicator - indicator di panel tetap nyala, hanya saja tombol seperti capslock tidak merespon.

Beberapa hari sebelumnya saya sempat cerita (walau tidak sepenuhnya yakin) kalau laptop punya mekanisme pendeteksian "basah", dan akan otomatis menonaktifkan komputer. Sebenarnya ini ceritanya Amad, yang waktu itu macnya basah, saya cuma copy paste saja, dan menurut logikaku memang harusnya seperti itu, tapi tetap saja saya "Panik".

Keputusan untuk bongkar laptop, supaya bisa dikeringkan (minimal di angin - angin, atau dilap) akhirnya saya buat. Tapi saya selalu kepikiran, kalau dulu setiap kali membongkar barang - barang dengan sekrup yang banyak seperti laptop, radio, dll, biasanya saya dapat bonus, sekrup lebih, yang artinya ada yang tidak kepasang sekrupnya ... doh. Terakhir kali saya bongkar laptop, itupun yang memang sudah rusak, saya juga kelebihan sekrup.

Saya coba membongkar, namun dengan hati - hati, akhirnya bisa, laptop kembali hidup, dan saya tidak kelebihan sekrup.

Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan terutama buat yang baru bongkar laptop seperti saya ini :

Buatkan bagan/gambar lokasi dari sekrup, card, dll
Sempat kepikiran untuk mencari penuntun bongkar pasang type laptop yang saya gunakan, tapi saya terlanjur panik. yang kepikiran cuma, saya meletakkan sekrup seperti posisi dari sekrup itu di laptop. Dengan cara ini saya bisa menentukan di posisi mana sekrup yang tidak terpasang, misalnya yang terpasang dibawah harddisk.

Tidak menarik paksa
Sewaktu membongkar, saya usahakan untuk tidak menarik paksa, setiap komponen yang saya buka, karena logika saya, bagian - bagian laptop ini harusnya bisa dipasang dengan mudah, hanya perlu mengetahui, bagian mana yang belum lepas. Setiap kali ada yang tertahan, saya usahakan untuk mencari apa yang menyebabkannya tertahan, termasuk, kabel (dan ini penting, kalau putus, wassalam), atau masih adakah sekrup yang belum saya buka, pengait dari body, dll. Akhirnya semua bisa dilepas, dan tidak ada yang patah maupun putus.

Hal yang sama saya lakukan sewaktu memasangnya,hehehe. Tidak terhitung malam tadi berapa kali saya terpaksa bongkar pasang laptop, sampe semua sudah seperti kondisi sebelumnya, kecuali beberapa stiker garansi yang ekspired yang terpaksa disobek.

Setelah diangin - angin sebentar, akhirnya laptop kembali hidup.

*tidak sempat ambil gambar waktu laptop kebongkar, sudah terlanjur panik, walau sempat kepikiran untuk ngambil gambar*
Read More..