Minggu, 21 Februari 2010

Masalah sound slackware di axioo

Beberapa waktu yang lalu, seorang mualaf slackware mencoba untuk menginstall slackware di laptopnya, waktu itu dicoba slackware 13, tapi belum nginstall sudah macet. Tapi karena pengen make linux, akhirnya mencoba sembarang distro. Kalau tidak salah waktu itu Sabily. Hanya saja, setelah selesai terinstall, soundnya bermasalah.

Setelah mencoba coba beberapa distro, akhirnya open suse bersuara di axioo tersebut, aneh. Namun yang paling aneh sebelumnya adalah, speaker di laptop tidak ada suara, tapi kalau pasang headset, suaranya ada, aneh.

Si "mualaf" berusaha lagi, mencoba menginstall slackware versi current. Sama seperti kasus sebelumnya, speaker bisu. Belum lagi display yang menggunakan chipset SIS. Namun bisa diatasi berkat tulisan dari Nhie, tampilannya pun tampil lebih baik.

Akhirnya iseng - iseng ngecek mixer, Dibagian Setting, Configure Channel ada Option Speaker, pas dicentang, muncul di bagian mixer dalam kondisi mute, begitu di lepaskan mutenya, slackwarenya pun sudah bisa berisik. :D

Si Mualaf itu Bernama Haeril si teaholic, yang suka ngopi hahaha

1 komentar:

Robby mengatakan...

salam kenal :)

thanks informasi VGA SiS nya, kebetulan nemu problem sperti itu juga baru-baru ini

btw, untuk sound memang harus diaktifkan dulu di mixer, apalagi kalo headphone mesti dicentang di switch mixernya KDE :)