Selasa, 23 Desember 2008

Multi Release Party

Mumpung belum basi banget

Sebuah event yang diadakan oleh LUGU yang menampilkan release dari 4 distro yang hampir bersamaan. Keempat distro tersebut adalah : Opensuse, Fedora, Ubuntu dan Slackware.

Pada rapat persiapan rencana target peserta 100 orang, namun pada perkembangannya diputuskan peserta 200 orang. Dari awal saya optimis bahwa angka tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Hasil rapat juga menentukan tempat kegiatan di Karebosi Link.

Dari awal pembahasan MRP, saya sudah bersiap untuk menghandle materi Slackware, begitu rapat selanjutnya di MTC (pas acara 2 tahunnya AM) untuk menentukan siapa yang akan membawakan materi perdistro maka dengan ikhlas saya mengajukan diri.

Sepulangnya dari MTC, saya sudah membuat draft presentasi, dan akhirnya bisa jadi jauh - jauh hari sebelum acara dimulai. Saya juga bersyukur karena materi presentasi yang saya buat sudah hampir selesai pada saat dilakukan permintaan "rehearsal" oleh Dr. Mahmud Ghaznawie.

Terima kasih karena ada rehearsal, saya bisa memperbaiki kekurangan yang ada pada materi presentasi, dan sudah siap sehari sebelum acara.

Acara dimulai pada pukul 10:30, dimulai dari Adi Nugroho yang membawakan sekilas tentang Linux, dilanjutkan dengan Opensuse. Jhon Chendra melanjutkan dengan Fedora, disusul oleh Riri dan Fikri yang membawakan Ubuntu plus BlankOn.

Tiba giliranku, sebelum acara jauh - jauh hari saya sudah berniat untuk melakukan presentasi dengan menggunakan pointer HP dengan koneksi bluetooth. Slackwarepun terpaksa di downgrade ke 12.1 untuk membuat pointer berjalan, karena sebelumnya di slackware 12.2 bluetooth tidak berfungsi dengan baik.

Sebelum acara dimulai, saya sempat melakukan test remote control dengan HP, semua berjalan dengan baik sesuai harapan, computer kususpend dan bersiap untuk melakukan presentasi. Dalam pikiranku tinggal menghidupkan komputer yang suspend dan langsung berpresentasi ria, tapi DAMN!!! bluetooth macet. Coba untuk merestart rc.bluetooth, tetap saja tidak bisa hidup. Sekali lagi DAMN. Mana saya restartnya didepan audiens, dan karena sudah tidak ada waktu lagi, dan "Show must go on" saya terpaksa mengantongi HP dan berpresentasi dengan keyboard, Untungnya komputerku menghadap ke audiens sehingga saya bisa lebih interaktif.

Yak!! presentasi yang kubuat, yang notabene menjual keburukan slackware justru mengundang perhatian dari peserta. Bahkan DR. Mahmud mengaku menikmati presentasiku. Dari kuisioner yang dibagikan ke peserta banyak yang terusik oleh slackware, ditambah lagi umumnya pertanyaan peserta disekitar slackware.

Satu lagi, jika ada pertanyaan diluar dari materi (4 Distro), Pak Adi langsung bilang "Kalau ada pertanyaan yang tidak jelas ditujukan kemana maka yang menjawab adalah ...?" dan peserta menjawab "Slackware", Maka jadilah saya objek penderita MRP.

Namun yang paling saya syukuri, MRP Sukses Besar ... Go .. go .. go LUGU

6 komentar:

abadi abdillah mengatakan...

napa pupuk "en" adsense nya dicabut.
muncul public ads deh, pasang saja

arman mengatakan...

Kena tegor sama gugel ... hehehehe

Salam Kenal

ABADI ABDILAH mengatakan...

wah gawat, tapi nda' di banned ji toh??? dumba'ka' inie ka smua blogku pake pupuk "en".
ah pacce gugel....kalo gitu cabut jugami deh..
lam kenal, abadi, suka ngabisin waktu n duit di toraja...hehheheee..
kapan2 ajarika' adsense....

ABADI ABDILAH mengatakan...

hahahahaaa...alternatif adsense lokal saja kumpulblogger.com
ke tkp dolo bos!!!!

dani mengatakan...

berkas presentasinya bs saya minta japri, mas..penasaran dgn 'isi keburukan' slackware itu...makasi
kl ngga bole jg g tetep makasi kok :)
daniiswara - gmail - com

arman mengatakan...

@ABADI ABDILAH : Ndak dibanned, cuma kena blacklist satu website :D.

@Dani : Saya sudah kirimkan materi presentasinya, coba periksa di folder spam siapa tau nyasar disitu :D