Rabu, 19 November 2008

Waaaaw laptopku tidak (lagi) bisa boot external dvd

Saya termasuk pengguna laptop yang ekstrim, itu terbukti dengan rusaknya dvd dan battery mati. Tapi karena sudah terlanjur suka ngacak - ngacak walhasil komputer jadi kotor akan software, file konfigurasi dan yang sialnya kadang memperburuk keadaaan semula.

Dengan rusaknya dvd saya harus menginstall dari external dvd (lagi malas cari cara lain). Hingga suatu waktu saya mau lagi menginstall ulang komputer :). Tapi ... external dvd tidak ada di daftar boot priority pada bios.

Pilihan goblok jatuh ke : membeli DVD internal baru, sialnya (untungnya) harga dvd internal mencekik leher, sehingga saya memutuskan untuk membeli baterei lebih dulu karena harganya juga tidak murah - murah amat.

Hingga suatu saat keinginan untuk install ulang muncul lagi, tapi karena dvd external tidak bisa booting saya putuskan untuk upgrade saja walaupun resiko melambat, sama konfigurasi yang sudah berbeda.

Setelah persiapan rampung, data sudah dibackup, saya mencoba merestart komputer dan memeriksa sekali lagi entry dvd external di bios, dan masih juga tidak nampak.

Iseng - iseng saya menjadikan hardisk laptop sebagai device pertama untuk boot, dan yang lain saya turunkan (di biosku yang phoenix tekan F5 untuk menurunkan prioritas boot, F6 untuk menaikkannya). Sampai pada sebuah entry yang saya turunkan ke bagian paling bawah dari daftar device yang akan di boot. Setelah dibawah sekali, saya masih tetap saja menekan F5 dengan putus asa. Tapi ternyata setelah entry tersebut berada di paling bawah dari daftar dan tetap ditekan F5, entrinya berubah menjadi device dari dvd external.

Rupanya external dvd terhidden oleh perangkat yang lain, dengan menekan F5 (sesuaikan saja dengan bios yang anda punyai) maka yang akan mengganti perangkat yang sebelumnya dengan perangkat yang terhidden tadi. Mungkin list di boot priority itu terlalu banyak sehingga ada entry yang tidak ditampilkan. Akhirnya bisa menginstall dari external dvd juga :).

5 komentar:

Anonim mengatakan...

memangnya pake laptop apa bro? DVD intern gw jga rusak ney..klo bwt baca suka ngadet dan kadang malah gak bsa baca sama sekali..masa yaaaa gw mst beli DVD ekstern kaya lu gtu? Haduhhh, bangkrut deh gw...trnyta bener ya, para gamer2 itu lbh milih PC dibandng laptop...obviously, PC lbh kuat...

arman mengatakan...

Saya pake compaq presario v3000, memang untuk gamer sih sebaiknya pake pc aja, lebih murah spare partnya.

Anonim mengatakan...

bro...
gimana caranya install laptop axioo pake dvd eksternal...?
gag ada setingan first boort device-nya lewat usb....
yg tertulis eksternal boot from usb aja tapi gag bisa aja booting lewat dvd eksternal.....

arman mengatakan...

Saya pernah kok install via dvd external usb di axioo yang kebetulan juga rusak dvd internalnya.
Harusnya ada disetting bios, cuma saya tidak tau pastinya, paling enak sih kalau ada shortcut, tombol yang digunakan untuk memilih device untuk boot.
Mudah - mudahan membantu :)

Bajaklangit mengatakan...

Terimakasih pak sangat membantu di awal 2014 ini, semoga diberikan kesehatan dan senantiasa tercurah anugerah untuk bapak sekeluarga...