Selasa, 25 November 2008

Berapa besar partisi buat swap

Dibeberapa literatur, disebutkan untuk menginstall linux minimal ada 2 partisi, 1 partisi untuk root (/) dan satunya lagi swap yang berfungsi sebagai memory virtual jika memory fisik komputer tidak cukup.

Berapa besar jumlah partisi swap?. dalam literatur - literatur (dulu) disebutkan swap sebaiknya 2 kali jumlah memori fisik, misalnya memory 32M maka buat swap 64M.

Saat itu memory adalah barang mewah. sehingga solusinya adalah swap, walaupun konsekuensinya jika terjadi swapping maka proses mengalami kelambatan, *ya iyalah, kecepatan akses elektrik (RAM) beda jauh dengan mekanik (harddisk)*

Namun untuk sekarang ini RAM 1G sudah bukan barang mahal lagi, memory komputer yang dijual juga sudah dilengkapi dengan minimal RAM 512M, untuk upgrade ke 1G, 2G itu cuma nambah duit sedikit sehingga tidak aneh lagi melihat komputer dengan memory 2G.

Gimana dengan swapnya?, 2xRAM?, berarti 4GB, apa tidak mubasir, pernahkah memperhatikan process manager (seperti top) dan melihat penggunaan swap. Dengan memory sebesar itu swap selalu idle, artinya nganggur. Nah coba hitung berapa besar ruang yang dibuang percuma yang tidak digunakan 2GB? 4GB? berapa banyak data yang bisa disimpan diruang sebesar itu.

Lantas? saya tidak perlu lagi swap?, sekedar menjaga kemungkinan yang tidak diinginkan tetap buat partisi swap, saya sendiri menggunakan 256M, (besok2 kalau upgrade RAM akan diturunin tapi perlu membongkar partisi harddisk secara keseluruhan)

6 komentar:

Gelandangan mengatakan...

mmmmm enggak ngerti linux nih :(

arman mengatakan...

Hehehe,
kalau begitu bisa ikutan belajar :D

Salam Kenal

opreker mengatakan...

Tergantung kebutuhan ji'.

Kalo memang aktifitas termasuk tinggi, literatur-literatus (dulu) menyarankan hal tersebut bukan hanya karna RAM pada masa tersebut kecil, tapi untuk mengantisipasi kebutuhan yang bisa membuat RAM menjadi koit karna kekurangan RAM, itulah gunanya SWAP.

arman mengatakan...

@opreker : betul tergantung kebutuhan

Apa yang menyebabkan ram kurang, karena beban yang tinggi, sebesar apapun ram selama masih kurang itu masih bisa dianggap kecil.

Literatur dulu (yang menyarankan 2xram) waktu itu ram normal masih sekitar 32Mb, dan 128 Mb sudah termasuk Ram Raksasa.

Tapi dengan kondisi saat ini dimana ram 2G sudah bukan hal mewah dan rata - rata pemakaian ram tidak sebesar itu maka 2xram sudah tidak relevan lagi.

Salam Kenal

abadhy mengatakan...

kapan2 saya boleh tidak di ajar kustomisasi n penggunaan drupal????
atau kalau ada rujukan tutor, tolong linknya....

arman mengatakan...

@Abadhy

No problem, kalau ketemu bisa langsung tanya saja.
Menurutku drupal cms yang paling mudah :D