Senin, 21 April 2008

Install XP di SATA

Kasus :
Hardisk SATA, yang selama inisialisasi awal windows tidak mengenal dan menganggap hardisk tidak ada (padahal ada, wong sudah diinstall linux, gimana sih windows!). Driver bisa dimasukkan via floppy tapi sayangnya laptop yang saya pake tidak ada floppynya (hari gini windows masih minta pake floppy, kenapa tidak pake media lain seperti usb, emang di amerika masih ada yang jualan floppy), kalau mesti pasang floppy eksternal juga mubasir. Tetapi karena sesuatu dan lain hal "harus" install windows (waktu itu mo coba upgrade bios), Akhirnya browsing - browsing dapat cara untuk itu :D, Buat teman - teman yang punya masalah sama mungkin bisa memberikan sebuah referensi :P

Ada dua cara yang saya bisa saya lakukan, pertama cara susah dan sedikit bergaya hacker :P, dan yang kedua cara yang lebih susah lagi.

Cara Susahnya
Bisa melakukan injeksi driver sata ke installer windows, jadi nanti akan terdapat sebuah installer windows xp yang sudah berisikan driver sata dari hardisk yang digunakan, Kita membutuhkan software - software berikut:
Nlite
.Net Framework
Untuk informasi selengkapnya bisa baca disini (saya juga nemunya disitu kok) :
http://paparadit.blogspot.com/2007/06/installing-sata-hard-drive-with-windows.html

Kelemahan cara ini jika setiap kali menginstall untuk Hardisk SATA berbeda maka setiap kali itu juga kita menginject driver dan membuat cd installer baru.

Cara yang lebih susahnya
Disable SATA di bios, Hah! itu susah?, hahahaha, saya juga baru tau setelah susah payah menginjeksi driver sata ke installer xp. Info ini saya dapat dari teman cuma lupa website/blognya (bukan via blog tapi ngobrol langsung).
Masuk ke bios, cari dukungan SATA atau yang menyinggung soal legacy os, alias OS lawas. Setelah itu jangankan windows xp windows 98 juga bisa diinstall karena hardisknya dianggap ATA bukan lagi SATA. Hanya saja (ini saya rasa) setelah windowsnya terinstall dan bios dibalikin ke sata enable lagi trus windows layar biru, :(. Hiks

4 komentar:

Mus_ mengatakan...

saya beberapa bulan lalu install xp di laptop acer (SATA).
sempat bingung, akhirnya saya coba-coba disable fungsi SATA di bios.
akhirnya bisa terinstall.
setelah itu, aktifkan lagi sata-nya di bios.

bisa kok.
ndak layar biru.

wrongman mengatakan...

begini kak'.. sowry kalo sok akrab panggil kaka'... tidak tau'ka mau panggil apaki'....

di kampus saya dan teman2 yang tergabung dalam CCC - KOSMIK UH
(Communication Cyber Club - Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNHAS) mau mengadakan acara "Cyber Day" isi acaranya adalah hal-hal mengenai Cyberspace... salah satu materi yang kami rencana tampil dan diskusikan adalah mengenai "Close Source dan Open Source"....

setelah bertanya kepada om Google, saya diberi link ke blog kaka'....
hehehehe... sempat baca tentang pengalam2nya menjadi pemateri dibeberapa seminar dan pelatihan...

oleh karena itu... saya mau nanya tanggapan dari kaka'... soalnya sepak terjang saya dan teman-teman di dunia Open Source masih terbilang terbelakang... hahahaha....

siapa tau kaka' bersedia jadi pemateri di acara kami...

melalui comment ini mungkin saya boleh minta kontak kaka'... e-mail atau nomor hp...

biar bisa diskusi lebih lanjut...

terima kasih sebelumnya...!!!
maaf kalo sedikit nekat...

- MAMAN ASHARI -
whatever.trash@gmail.com

arman mengatakan...

#mus,

Mungkin anda memang lagi beruntung, sedangkan saya setiap kali mencoba mengaktifkan kembali sata di bios langsung layar biru dan komputer reboot, walaupun driver sata sudah terinstall.

#wrongman
Selama bisa berbagi soal open source saya selalu bersedia, selama saya punya waktu lowong, so cek dulu beberapa waktu sebelumnya,
No HP ku : 0815251126
email : arman[dot]idris[at]gmail[dot]com
Y! arman_idris

Nancy mengatakan...

say binggung bener mau install xp di netbook sata gak ada cdromnya lagi.. :(