Selasa, 25 Mei 2010

Masalah sound di Compaq V3201TU (V3000 series)

Compaq seri V3000 memang menyebalkan jika berurusan dengan sound. Beberapa seri yang saya pernah dapati membutuhkan trik yang berbeda dari tiap seri, yang saya punya sendiri V3201TU, juga demikian, namun karena ada cd driver (copyan) yang diberikan saat pertama beli barang ini jadinya semua ok saja, walaupun butuh beberapa lama juga baru bisa menginstall driver soundnya.

Sejak CD itu hilang entah kemana, saya awalnya tidaklah terlalu risau, pasalnya saya menggunakan Slackware Linux, sebagai OS Default, sayangnya ada sebuah aplikasi yang dibuat diwindows harus dijalankan di komputerku. Aplikasi ini sebenarnya sudah saya serahkan ke rekan yang memang punya "windows" tapi ada kemungkinan rekan tersebut tidak bisa hadir pada saat acara, otomatis, komputernya juga tidak bisa ikut :(.

Akhirnya saya putuskan untuk mendownload driver - driver windows, walau tidak yakin. Cara pertama adalah mencari tulisan dengan masalah seperti ini. Google menampilkan entry yang banyak, tapi sayangnya banyak juga tulisan yang sama walau berbeda tempat / situs / blog. Bweh, ini yang bikin blog memang cuma bisa copy paste atau semangat berbaginya yang kelewat tinggi.

Dari sekian blog/situs yang sama tersebut (kalau tidak percaya masukin saja kata kunci "Sound V3201TU" di google, dan coba buka setiap link), kesimpulannya satu, mesti upgrade windowsnya. Tapi jangan harap kalau windowsnya tidak original alias bajakan ... :(. Seingatku dulu memang ada yang mesti di update, tapi bukan windowsnya ... Akhirnya nekat, windows bajakan di upgrade .. dan GATOT, alias Gagal Total ... bajakan ... hahahaha.

Akhirnya dengan sedikit putus asa, saya coba menggunakan kata kunci yang berbeda, kali ini saya coba "Connexant V3000", akhirnya dapat link ini (itu pun bukan halaman pertama, hahaha).

Disitu ditulisakan :
Pertama, silahkan update dulu Microsoft Corporation QFE (KB835221) agar support UAA bus driver HD audio. downoad di sini size(12MB)



Dari situsnya HP sendiri ada deskripsi seperti ini :
This is a Microsoft Corporation QFE (KB835221) update to support the UAA bus driver for HD audio. The UAA bus driver is not included on the current Windows XP installation CD. If you reinstall Windows XP, this driver update will be needed, in addition to HD audio driver from the core driver package.

Ahaa ... mungkin ini yang saya butuhkan, download, dan ... Masalah baru ... Yak, os Bajakan selalu bermasalah!!!!!!!!! .... Ada proses pendeteksian dari software tersebut yang mengharuskan pc/laptop compaq yang akan menggunakan software update tersebut haruslah preinstalled os. Bweh ... saya kepikiran gimana kalau file tersebut di ekstrak saja, karena seingat saya, file exe yang berupa installer bisa diekstrak, ini terjadi waktu mo menginstall driver wireless menggunakan ndiswrapper di linux, reboot linux???, ah tunggu dulu siapa tau ada "exe extracter diwindows", harusnya iya ... dan seperti biasa, google adalah pilihan pertama untuk memasukkan kata kunci "exe extract" dan hasilnya ada halaman ini :

http://retnet-nganjuk.blogspot.com/2010/01/cara-meng-extract-file-exe.html

Dari situ dirujuk ke sebuah utility bernama Uniextract, di blog itu ada kok linknya, download dari situ aja ya ...
Setelah itu, file installer update dari HP tadi saya ekstrak, dan terdapat sebuah folder src, yang berisi banyak folder didalamnya antara lain ara, es,fr, us, dll. Oh ini folder installer berdasarkan bahasa, seperti yang saya liat pertama sekali sewaktu install langsung updater tersebut. Saya masuk ke folder us, dan mengeksekusi file updater tersebut, setelah selesai, notification windows langsung menemukan UAA Audio apalah ... dan saya pun memasukkan driver sound dan bunyi .... halah ... ribet abis.

Buat yang dapat masalah yang sama, mudah - mudahan link diatas bisa sedikit membantu, kalau masalahnya tetap tidak terselesaikan, apalagi sampe laptop atau pcnya rusak, bukan tanggung jawab saya ... hahahaha
Read More..

Selasa, 11 Mei 2010

Cikal bakal slackware 13.1

Slackware 13.1 sepertinya tidak lama lagi bakal muncul, bisa di cek di sini. Ada beberapa yang menurutku menarik pada "calon" slackware berikutnya.

KDE
Kali ini menggunakan KDE versi 4.4.3, versi stabil *saat ini* terakhir KDE.

Bluetooth
Menggunakan versi 4, yang sebelumnya masih mengunakan versi 3, walau versi 4 sudah ada sejak lama, namun seperti biasa slackware tidak buru - buru *malah cenderung telat* dalam mengggunakan versi terakhir dari setiap aplikasi yang punya 2 versi major, seperti waktu masih tetap pake KDE 3, padahal sudah ada KDE 4, tapi KDE 4nya belum stabil seperti sekarang :D.

Blueman
Sebuah aplikasi front end dari bluetooth library (bluez), GUI lagi ...

Kernel terbaru
Kernel yang digunakan 2.6.33-3, walapun menjadi masalah baru terutama pada driver - driver 3 party, seperti broadcom dan sis, tapi karena komputerku menggunakan intel ... hahaha bodo amat.

Masih banyak lagi yang lain
Silahkan eksplore sendiri kalau penasaran, btw slackware 13.1 pada saat tulisan ini dibuat belum release, saya menggunakan slackware current versi terakhir, yang disitusnya dan ketika membuat installernya sudah disebutkan 13.1, yang penarasan bisa coba slackware current, yang sabaran bisa nunggu release resmi :D.
Read More..