Rabu, 21 Januari 2009

Final Jaringan Komputer

Bukan saya yang final, tapi saya yang ngasih final ke Mahasiswa :((.

Rencana pelaksanaan final awalnya tanggal 18 January 2009, berhubung ada mahasiswa yang tidak bisa kesana karena jalur transportasi yang tidak umum, hanya ada transportasi dari kampus lama ke kampus baru sehingga praktis jika hari libur (tanggal 18 Januari itu hari minggu) berarti ada mahasiswa yang kemungkinan tidak bisa datang. Maka diputuskan tanggal 20 Januari 2009.

Soal final belum saya buat, setibanya di UIN, saya pun buat soal. Lagian lab komputer juga lagi terpake. Masalah pertama muncul. Slackwareku ndak bisa print ke HP Laserjet 1020 ... (arghhh) mesti install drivernya dulu. Akhirnya minta bantuan seorang dosen yang punya laptop windows. Transfer menggunakan SDcard, karena saya tidak punya flashdisk. Akhrnya soal terprint.

Setelah mempersiapkan peralatan, akhirnya waktunya buat test konfigurasi jaringan. Semua ok. soal (harusnya) bisa diselesaikan.

Mahasiswa mulai ujiannya, dan sampe terakhir tidak ada yang bisa membuat model jaringan yang saya jadikan soal. Setelah semua mahasiswa selesai dan tetap tidak ada hasil, saya pun mencoba untuk menjelaskan gimana semestinya yang harus dibuat.

Kesialan kedua :
Sewaktu ingin menggambar jaringan diwhiteboard, tidak ditemukan sebuah spidolpun. Setelah grasak - grusuk akhirnya dapat sebuah spidol, tapi tidak bertinta :((. Grasak - grusuk lagi akhirnya dapat tinta. Tapi ternyata itu tinta buat spidol permanent. DAMN.

Kesialan lagi :
Setelah menjelaskan, waktunya peragaan, dan setelah mencoba konfigurasi, dll. wireless ngambek untuk konek. :((. Arghhghghhghghg. Karena sudah magrib, akhirnya kelas bubar.

Saya jadi berfikir "jangan - jangan tadi mahasiswa tidak selesai karena memang peralatannya yang kacau", namun sebelumnya ada mahasiswa yang bilang "Tadi saya sempat konek, Pak". Btw sudahlah, toh dari cara mereka menganalisa dan membangun system saya bisa memberikan penilaian.
Read More..

Kamis, 15 Januari 2009

Review Slackware 12.2 versi mau - mauku :D

Image From : http://slackware.com/~msimons/slackware/grfx/shared/SWquinn4.jpg


Tulisannya sudah saya posting di Makassar Slackers tapi sepertinya saya sudah ketularan gayanya iBlek yang rada mau - maunya hehehehe, makanya reviewnya juga rada semau ku :D.

Slackware 12.2 keluar beberapa hari sebelum MRP, dan seperti sebelum - sebelumnya saya selalu dapat masalah yang kadang butuh waktu untuk menyelesaikannya.

Dapat iso tanggal 12 Desember 2008, download disalah satu server yang kuinstall dengan bandwidth yang lumayan gede :D. Setelah mengambil barang rampasan perang yang bernama iso slackware, saya pun publish keteman - teman yang seminat.

Malam harinya (kenapa nunggu malam hayo) saya pun mulai persiapan menginstall slackware 12.2 untuk mencoba. Saya sudah tidak minat untuk melakukan upgrade, clean install kali ini. Data sudah di backup semua, termasuk installer Gnome Slack Build.

Instalasi dimulai, dan seperti biasa teks, dan teks melulu. That's awesome sux. Keburukan slackware sekaligus kelebihan tergantung dari sisi mana dipandang. Bagi pecinta klik thats real suxxx, tapi bagi pengguna komputer tua that's helpfull.

Instalasi sekitar 15 dilaptopku (biasanya juga segitu ji hehehe), sekilas pm-utils sudah include di slackware, jadi tidak perlu lagi compile sekaligus buatkan paketnya untuk suspend :D. Beberapa paket sudah lebih baru, hanya KDE yang diharapkan sudah KDE 4 tapi yang masuk masih KDE 3.

So tidak ada kesan yang begitu menggoda. Setelah coba - coba kesana kemari akhirnya dapat masalah : synaptic touchpad sama bluetooth. Tapi akhirnya dapat bonus 2 Finger Scrool :D.

Sekarang lagi nungguin gnome 2.4 untuk slackware 12.2, untuk gnome slackware selalu terlambat :((. Bahkan sempat kepikiran untuk kompail sendiri gnome, membuat gnome untuk slackwar versi Makassar :D, wakakaka
Read More..

Selasa, 06 Januari 2009

Gathering 14 Makassar Slackers di Barru

Sesuai rencana awal, gathering di laksanakan di Barru tanggal 4 Januari 2009. Diumumkan di website akan ngumpul di depan torajanet.com pukul 6:30 tapi ternyata yang nongol pada ngaret semua termasuk yang buat pengumuman :P

Berangkat sekitar pukul sembilan pagi, thanks to pak yayat yang membawa mobil sehingga saya dan Amad bisa numpang ndak perlu balapan hehehehe.

Dalam perjalanan amad pamerin iPhone ... sambala ... itu Blackberry seperti mainan anak - anak dibanding sama itu iPhone, saya jadi tidak kuat pegangnya, rasanya pengen beli juga cuma ndak kuat dikantong :((

Tiba di Barru sekitar pukul 11, langsung menuju lokasi yang ternyata acaranya baru saja mulai. Pas masuk kok yang ngumpul banyak abegeh gitu trus cewek - cewek juga banyak, hal yang sangat jarang terjadi pada pelaksaan gathering. Cek per cek, mereka semua adalah siswa dari salah seorang slackers barru, ooo. pantas kalau begitu hehehehe.

Acara perkenalan seperti biasa melakukan racunisasi slackware. Pertama sama Denic soal kenapa pake linux dan lain - lain, saya ketiban sial buat bawa materi instalasi. Setelah itu si Hendro yang lanjutkan dengan instalasi GSB (Gnome Slack Build) yang sudah dimodifikasi sama denic (disatukan dalam satu folder dll.. tipikalnya denic suka kerja manual).

GSB terinstall!, tapi tidak ada sesuatu yang wah yang terlihat, akhirnya saya mengajukan diri untuk objek penderita melakukan demonstrasi 3d Desktop. Supaya ada warna lain maka Fikri sang Ubuntero kukudeta untuk pamerin blankon.

Tanya jawab juga tidak begitu rame soalnya para peserta sudah disuguhin nasi kotak duluan, jadi gimana mo nanya kalau mulutnya pada penuh sama nasi hehehehe.

Yang unik kita mesti diperkenalkan satu per satu, yang aneh tidak semua rombongan dari makassar saling kenal hahahahaha, maka terpaksa saling perkenalkan diri. Nah tiba giliran siswa - siswa tersebut memperkenalkan diri ... duh rame deh hahahaha

Pukul 16:05 kita memulai perjalanan kembali kemakassar. Sayang saya tidak sempat ambil gambar suasana gathering, karena dari perjalanan sudah mual dan kembung hiks ...
Read More..