Rabu, 21 Januari 2009

Final Jaringan Komputer

Bukan saya yang final, tapi saya yang ngasih final ke Mahasiswa :((.

Rencana pelaksanaan final awalnya tanggal 18 January 2009, berhubung ada mahasiswa yang tidak bisa kesana karena jalur transportasi yang tidak umum, hanya ada transportasi dari kampus lama ke kampus baru sehingga praktis jika hari libur (tanggal 18 Januari itu hari minggu) berarti ada mahasiswa yang kemungkinan tidak bisa datang. Maka diputuskan tanggal 20 Januari 2009.

Soal final belum saya buat, setibanya di UIN, saya pun buat soal. Lagian lab komputer juga lagi terpake. Masalah pertama muncul. Slackwareku ndak bisa print ke HP Laserjet 1020 ... (arghhh) mesti install drivernya dulu. Akhirnya minta bantuan seorang dosen yang punya laptop windows. Transfer menggunakan SDcard, karena saya tidak punya flashdisk. Akhrnya soal terprint.

Setelah mempersiapkan peralatan, akhirnya waktunya buat test konfigurasi jaringan. Semua ok. soal (harusnya) bisa diselesaikan.

Mahasiswa mulai ujiannya, dan sampe terakhir tidak ada yang bisa membuat model jaringan yang saya jadikan soal. Setelah semua mahasiswa selesai dan tetap tidak ada hasil, saya pun mencoba untuk menjelaskan gimana semestinya yang harus dibuat.

Kesialan kedua :
Sewaktu ingin menggambar jaringan diwhiteboard, tidak ditemukan sebuah spidolpun. Setelah grasak - grusuk akhirnya dapat sebuah spidol, tapi tidak bertinta :((. Grasak - grusuk lagi akhirnya dapat tinta. Tapi ternyata itu tinta buat spidol permanent. DAMN.

Kesialan lagi :
Setelah menjelaskan, waktunya peragaan, dan setelah mencoba konfigurasi, dll. wireless ngambek untuk konek. :((. Arghhghghhghghg. Karena sudah magrib, akhirnya kelas bubar.

Saya jadi berfikir "jangan - jangan tadi mahasiswa tidak selesai karena memang peralatannya yang kacau", namun sebelumnya ada mahasiswa yang bilang "Tadi saya sempat konek, Pak". Btw sudahlah, toh dari cara mereka menganalisa dan membangun system saya bisa memberikan penilaian.

9 komentar:

abadhy mengatakan...

hahahahahhaaa.....
kwodong....
tapi masih untung karena labna siapji, masalah koneksi kan tergantung yang di atas (bukan tuhan tapi sinyal yang terbang2 bede) hehhehe.....
dulu saya juga pernah sial waktu ujian bikin program VB di sma, tapi karena gk ngeh, akhirnya ngeremot kom lain, sialnya kom yang saya kerjai punya guru, diblokir deh......
hehehehee...
beginimi kalo jadi budak teknologi......
eh kapan2 mauka' belajar drupal sama qta', susah bede??????/?
thanks

arman mengatakan...

Drupal emang susah, tidak akan jadi kalau cuma diliatin :P

abadhy mengatakan...

wah gitu yah, jadi takut kayaknya ma drupal.
ndak mau liat ah......
heheheheee......
mending blogger, enak......
tengkyu
(kayakna banyak mauku tp nda ada yang jadi, karena dibilang susah trus...) heheheheee.....

arman mengatakan...

Beh, ternyata kau lembek juga, baru segitu sudah menyerah :P

abadhy mengatakan...

kalau gitu kenapa ndak bkin postingan ttg cara mudah kustomisasi dan install drupal ke server????????
hayo.. hehehee

_indHi_ mengatakan...

he... biasalah pak mahasiswa slalu terkena nervous syndrome klo pas final... tapi dapat 'A' ji toch pak... ^_^

arman mengatakan...

Iyo kah?

_indHi_ mengatakan...

kan b'harap ji p' dapat 'A'... sapa tau kita mo wujudkan... ndak apa-apa ji...

arman mengatakan...

berarti ndak liat ko tanggal dan ndak jeli bacanya :D. Ini tentang Praktikum Jaringan semester lalu, bukan manajemen jaringan. :P