Senin, 13 Oktober 2008

Slackwarisasi Server – Server UNM

Pertama kali berurusan dengan server UNM, sewaktu diminta bantuin ngecek webserver yang ngabisin bandwidth. Waktu itu sekilas cuma liat kalau servernya RHEL, yang kemungkinan besar produk glodok atau gledek :D. Untuk kasus itu saya tidak ngutak – atik servernya, cuma nyarankan untuk install ulang saja.

Kontak kedua ketika diminta bantuin install mail server. Saya hanya menambahkan qmail dan kawan – kawan (vpopmail, qmailadmin, webmail).

Server – server UNM sendiri semuanya menggunakan Linux, ada RHEL, Fedora tergantung yang waktu itu nginstall suka pake apa.

Setelah sering bolak – balik (kayak setrikaan) ke UNM akhirnya suatu hari diminta menginstall server untuk keperluan instalasi moodle, yang selama ini menggunakan windows. Saya menginstall slackware distro andalan hehehehe.

Hingga suatu ketika mesin gateway kacau dan sepertinya install ulang jalan yang paling cepat :D. Seperti biasa slackware terinstall. Saya juga menambahkan squid untuk proxy server dan diset transparent (daripada repot suruh orang satu – satu buat ngeset proxy mending ditransparent :D ).

Sudah ada 2 mesin slackware di UNM, kemarin (Jumat, 10 Oktober 2008) saya diminta untuk menginstall server buat keperluan Sistem Informasi Akademik untuk Pasca Sarjana UNM. Bisa ditebak server tersebut terinstall distro apa?.

Saya juga sedang mengincar sebuah server untuk dimurtadkan ke slackware soalnya semua sudah benar kecuali satu, tidak bisa diakses. Dari pada pusing mending hajar slackware saja :D.
Read More..