Selasa, 29 September 2015

Music Identifying

Pernahkah mendengar sebuah nada dan terus terngiang - ngiang (langsung klik dengan Anda) tapi tidak tahu itu nada atau lagu apa?

Saya pernah. Ketika itu terjadi saya cuma bisa ber"na na na" saja mengikuti irama dari nada tersebut.

Hingga suatu waktu pada sebuah event, saya mendengar nada itu lagi. Saat itu juga saya mendekati operator yang memainkan lagu tersebut dan bertanya, akhirnya saya ketemu nada yang selama ini yang membuat saya penasaran, nada itu ada potongan lagu dari Muse : Time is running out.
Saya mungkin beruntung saat itu, tapi jika nada tersebut tidak ketemu - ketemu juga maka nada indah tersebut hilang tanpa bisa kita nikmati (saya sempat nemu lagi nada indah namun sampai saat tidak saya ketahui dan sekarang sudah tidak pernah lagi saya dengar :( ).

Saat ini dengan kecanggihan teknologi kita bisa mengidentifikasi sebuah nada dengan menggunakan aplikasi dari sebuah smartphone. Aplikasi tersebut pertama sekali saya lihat pada smartphone Sony, nama aplikasi tersebut adalah Track-ID.

Cukup jalankan aplikasi tersebut maka dengan segera info tentang lagu yang tengah diperdengarkan akan muncul, hal ini biasa saya lakukan terutama pada saat dikendaraan dan ada sebuah lagu bagus namun masih asing mengalun dari radio. Maka dalam sekejap info tentang lagu tersebut saya bisa dapatkan.

Track-ID (setidaknya sampai saat saya menulis ini) hanya tersedia di Android, namun bagi pengguna iOS bisa menggunakan Shazam, cara kerjanya sama, cukup aktifkan aplikasi tersebut pada suara/lagu yang ingin dideteksi, selanjutnya (jika terdapat pada database tentunya) info dari lagu tersebut akan didapatkan. Saya pernah mencoba menggunakannya untuk mendeteksi sebuah alunan biola dari sebuah aplikasi di tablet anak saya (karena nadanya yang indah dan membuat saya penasaran) dan akhirnya saya dapatkan informasi mengenai nada tersebut yaitu : Niccolo Paganini, Violin Sonata 6

Tidak ada komentar: