Rabu, 17 Maret 2010

Wireless Off setelah upgrade ke slackware current

Gara - gara sebagian besar dokumentasi di internet yang menyebutkan masalah wireless yang off setelah upgrade ke kernel 2.6.33, akhirnya saya pun iseng untuk mengupdate kernel 2.6.33 bawaan slackware current ke 2.6.33.1. Soalnya itu versi stable yang terakhir. Karena cuma beda 1 versi, saya cuma butuh patch dari 2.6.33 ke 2.6.33.1, yang besarnya tidak ji besar - besar sekali, sehingga dengan koneksi yang overquota pun masih bisa untuk download patchnya tanpa mesti nunggu sampe kopi habis.

Karena sekalian kompail kernel, saya ganti saja logo pinguin yang setiap boot muncul dengan gambar seperti ini :

Tapi tulisan ini tidak untuk menjelaskan bagaimana merubah gambar pinguin pada booting slackware menjadi seperti itu, ini hanya sebuah pembuktian pada seorang slackers baru ... hehehe.

Yang mau saya ceritakan soal bagaimana wirelessku bisa aktif kembali setelah sempat off sehabis upgrade kernel.

Setelah cukup girang karena X sudah kembali normal *baca tulisan sebelumnya*, saya punya masalah baru : wireless tidak bisa on, dengan pesan RTNETLINK answer : Unknown error 132.

Sempat kepikiran untuk downgrade kernel, karena seingatku kernel terakhir sebelum upgrade sempat "on", dan pas nyoba pake live cd, wireless juga on, sehingga kecil kemungkinan masalahnya ada pada hardware (Padahal sudah dum-dum glet, gappa ka rusak wirelessku ... tena mi jangangnga ...).

Tapi karena di cegat oleh Mas Willy (cocok ji dipanggil mas, ka orang jogja ji ...), akhirnya saya mengurungkan niat untuk downgrade, bisa diliat : disini alasannya.

Akhirnya wirelessku pun aktif kembali ...

Yang Baca : Heh, mana caranya???
Yang Nulis : Ada diatas!
Yang Baca : Tidak ada!!
Yang Nulis : Ada!
Yang Baca : Tidak ada, ku tumbuk ki ini e ... bilang tidak ada, tidak ada.
Yang Nulis : eh, iyo di ... baca mako pale disini, malas ma tulis ulangki ... (:


Read More..

Slackware Current


Iseng - iseng akhirnya ketagihan maen dengan slackware current. Slackware current adalah ... *halah cari saja sendiri, banyak ji itu penjelasannya, apa perlu saya google kan?.

Setelah maen - maen cukup lama, baru kali ini saya mendapatkan masalah yang menurutku cukup unik, dan layak dijadikan bahan tulisan di blog, ya ... minimal tambah - tambah postingan, soalnya sudah lama tidak update, hehehehe :D.

Karena link , pas - pasan, kadang - kadang kurang, seringkali saya numpang update slackware current via servernya orang, hehehe, sampe akhirnya terdapat update besar - besaran, termasuk X.

Karena cukup besar, dan saya sudah kehabisan quota, maka, seperti biasa : numpang. Meremote server, buat sesi screen dan eksekusi script buat mengupdate paket slackware current.

Paket - paket terakhir belum sempat dipanen, tau - tau Mas Willy posting di plurk kalau Xnya bermasalah setelah update slack current. Postingannya ada disini

Tapi karena tergoda paket - paket baru, akhirnya saya update, dengan paket - paket x/, dan seperti yang terjadi pada Mas Willy, Xku juga rusak. Akhirnya downgrade juga hahaha.

Setelah beberapa hari, update paket current ada lagi, kali ini yang menarik perhatian adalah paket mesa. Mesa termasuk paket di X. Sempat sih bertanya ke willy tentang paket tersebut, ternyata beliau belum berani buat nyoba. Tapi karena saya iseng akhirnya saya nekat saja. Dan ... X normal lagi .... hehehe

Segera saja saya posting di plurk, dan langsung di tanggapin sama Mas Willy, nyoba juga dan sukses. Akhirnya ramelah postingan soal X yang normal kembali pada paket current. Bahkan Mas Willy menulis spesial soal ini di blognya

Setelah masalah x selesai, saya baru nyadar kalau wireless ku macet. Setelah browsing - browsing ndak jelas, akhirnya ketemu dan masalah terpecahkan, hal ini saya buatkan postingan terpisah, biar postingannya dikira banyak hahaha.

Ternyata masih ada yang aneh lagi, Synaptics. Seperti wireless, saya juga buatkan postingan yang terpisah ... hehehe

Segitu aja deh, nanti dilanjut kalau sempat, nanti keinginan buat nulis tentang wireless sama synaptics keburu ilang ...
Read More..