Selasa, 03 Februari 2009

Catatan dari Kachak CUP

Kejuaraan Kachak CUP yang dilaksanakan tanggal 30 - 31 Januari 2009 telah berakhir beberapa hari yang lalu. Ada beberapa catatan menarik menurutku.

1. Pertama kalinya nyusahin Pejabat
Sejak pertama software scoring pertandingan taekwondo di beli dari Taekwondo ITB, software itu nongkrong di laptopku. Itu pula sebabnya masih ada windows dilaptopku walaupun hanya untuk scoring tersebut. Karena software itu ada sama saya maka ketergantungan pertandingan juga sama saya. Bertepatan dengan hari pertandingan tersebut, sebelum upacara pembukaan hujan deras sekali. Saya nunggu hujan tapi tidak reda - reda. Karena beberapa hari sebelumnya HPku rusak maka semakin susahlah saya dihubungi, sementara petinggi yang hadir sudah gelisah ingin melihat pertandingan Taekwondo yang pesertanya banyakan anak - anak. Maka sibuklah mereka mencari, karena saya bosan menunggu dirumah, telp rumah kupake buat internetan, lengkaplah sudah saya hilang dari radar. Akhirnya para pejabat itu tidak bisa menyaksikan pertandingan karena saya :((

2. Tidak ada petugas keamanan
Baru kali ini keamanan bukan jadi masalah dari pertandingan. Kenapa? tempat kejuaraannya adalah Kodim. Ndak perlu pake pengamanan karena selain taekwondoin yang bertanding selebihnya adalah tentara, praktis pertandingan berlangsung aman, tertib dan tanpa intrik seperti "biasanya".

3. Peserta pra junior yang paling banyak
Selama beberapa kejuaraan terakhir ini, boleh dibilang bahwa ini adalah kejuaraan yang paling banyak melibatkan anak - anak , atau istilahnya Pra Junior. Tentu saja pertandingannya lebih seru dari pada senior (menurutku), soalnya pertandingan senior sudah bosan liatnya. Anak - anak ini lebih seru, lebih atraktif, lebih banyak variasinya, belum lagi ditambah nangis kalau kalah atau kesakitan, hahahaha :))

4. Kutukan Blankon
Apa hubungannya Taekwondo dengan Blankon (distro linux), di kalangan pengembang blankon ada istilah "Kutukan Blankon" artinya siapa yang mengusulkan, dia yang kerja. Hubungannya dengan taekwondo kali adalah : Ketua Umum Pengurus Kota Makassar yang datang menyaksikan kejuaraan, sangat antusias, begitu beliau mengatakan, "Sepertinya Pengkot akan membuat kejuaraan pra junior dan junior juga", saya langsung coddo (nyahut) "Setuju", Ketua Pengkot langsung tambah "Kau jadi ketua panitianya", Doh, kutukan blankon ternyata ada juga di taekwondo ... mana beliau mau buat kejuarannya bulan maret, april, mei dan juni ... Pak satu mo dulu kodong.

Karena HP rusak saya tidak bisa mengambil gambar, cuma sempat merekam pertandingan anak - anak itu dengan Handycam, rencananya mo ditransfer dulu, baru gambarnya di capture untuk di upload.
Read More..

Senin, 02 Februari 2009

Hari Pertama Melatih Anak - Anak

Sejak di ajak bergabung (seingatku sebelum tahun baru) di Global Taekwondo Club yang waktu itu saya belum tau namanya apa, cuma ingat diajak buat melatih di sebuah (bekas) mall.

Hari ini adalah hari pertama dimulai latihan, saya dapat informasi semalam "kebetulan" pake hp istriku buat internetan karena Hp ku rusak, dan sms dari Ecky masuk.

Hari ini (2 Feb 09) jam 15:30 dimulai latihan perdana. Saya tiba suasana masih sepi,tapi Sabeum Tahier dan Ecky sudah ada disana. Saya tanya "Chiedo mana?" karena Chiedo panggilannya Cici juga turut dalam tim pelatih di Global Taekwondo bersama dengan saya dan Ecky. "Masih Kerja", Sabeum Tahier jawab. "Ooo".

Baliho iklan sudah terpasang beberapa waktu yang lalu, saya sempat juga ditanya-tanyain sama rekan - rekan yang lain apalagi sebelumnya ada kejuaraan Kachak CUP.

Setelah beberapa saat menunggu,akhirnya para Taekwondoin cilik itu pada datang. Latihan pun dimulai. Setelah penghormatan dan berdoa, saya pun mengkadalin Ecky buat membawa pemanasan. Sambil saya mengawasi anak - anak ini dan sesekali membetulkan gerakan pemanasannya. Kadang saya betulin posisi kaki menggunakan kaki juga (taekwondoin gitu loh), karena ditempat lainnya saya ngasih pemanasan sih biasanya lebih sadis main tendang saja hehehehe, tapi kali ini saya cuma sentuh pake kaki saja sekedar membetulkan posisi.

Latihan pun berlanjut ke basic kick, anak - anak itu pada mulai rame, sampe akhirnya tiba waktu buat mereka untuk tendang target. Sepertinya mereka menikmati sekali mungkin selama ini tidak pernah nendang hehehe.

Latihan selesai, Tapi pas mau pulang, ada pemberitahuan dari Sabeum Tahier, Katanya "Karena ini kebanyakan anak mamie, kalau bisa betulin kakinya jangan pake tendang" ... "Hah?", yang menendang siapa, kalau nyentuh pake kaki sudah masuk defenisi menendang bagaimana yang bertanding. lagian ini Taekwondo, dimana tendangan adalah makan sehari - hari. Jadi Taekwondoin berarti siap ditendang dan menendang. Tapi yah, I'm not the boss. Mereka yang bayar kita untuk melatih, mereka juga yang bisa menentukan format dari latihannya, kita sendiri hanya melaksanakan yang diperintahkan. Sepertinya memang slogannya itu ada benarnya, Taekwondo for kid, Sport and Fun.

Kalau begitu modelnya kapan mereka bisa bertanding yah????
Read More..