Senin, 21 April 2008

Install XP di SATA

Kasus :
Hardisk SATA, yang selama inisialisasi awal windows tidak mengenal dan menganggap hardisk tidak ada (padahal ada, wong sudah diinstall linux, gimana sih windows!). Driver bisa dimasukkan via floppy tapi sayangnya laptop yang saya pake tidak ada floppynya (hari gini windows masih minta pake floppy, kenapa tidak pake media lain seperti usb, emang di amerika masih ada yang jualan floppy), kalau mesti pasang floppy eksternal juga mubasir. Tetapi karena sesuatu dan lain hal "harus" install windows (waktu itu mo coba upgrade bios), Akhirnya browsing - browsing dapat cara untuk itu :D, Buat teman - teman yang punya masalah sama mungkin bisa memberikan sebuah referensi :P

Ada dua cara yang saya bisa saya lakukan, pertama cara susah dan sedikit bergaya hacker :P, dan yang kedua cara yang lebih susah lagi.

Cara Susahnya
Bisa melakukan injeksi driver sata ke installer windows, jadi nanti akan terdapat sebuah installer windows xp yang sudah berisikan driver sata dari hardisk yang digunakan, Kita membutuhkan software - software berikut:
Nlite
.Net Framework
Untuk informasi selengkapnya bisa baca disini (saya juga nemunya disitu kok) :
http://paparadit.blogspot.com/2007/06/installing-sata-hard-drive-with-windows.html

Kelemahan cara ini jika setiap kali menginstall untuk Hardisk SATA berbeda maka setiap kali itu juga kita menginject driver dan membuat cd installer baru.

Cara yang lebih susahnya
Disable SATA di bios, Hah! itu susah?, hahahaha, saya juga baru tau setelah susah payah menginjeksi driver sata ke installer xp. Info ini saya dapat dari teman cuma lupa website/blognya (bukan via blog tapi ngobrol langsung).
Masuk ke bios, cari dukungan SATA atau yang menyinggung soal legacy os, alias OS lawas. Setelah itu jangankan windows xp windows 98 juga bisa diinstall karena hardisknya dianggap ATA bukan lagi SATA. Hanya saja (ini saya rasa) setelah windowsnya terinstall dan bios dibalikin ke sata enable lagi trus windows layar biru, :(. Hiks
Read More..

Selasa, 08 April 2008

Opera is my fave browser

Opera telah saya gunakan sejak beberapa tahun lalu, keunggulannya (yang waktu itu) adalah default tabnya sehingga mudah melakukan navigasi window dari setiap browser yang dibuka.

Namun belakangan setelah menggunakan gnome, saya menemukan beberapa "ketidaknyamanan" menggunakan opera, yaitu selalu muncul buddy error saat mengakses situs - situs tertentu.

Tapi ada yang membuat saya "terpaksa" menggunakan kembali opera, salah satu kelebihannya adalah file yang didownload bisa diresume alias dilanjutkan lagi. Hal ini terasa sekali pada saat mengakses situs yang cukup sibuk atau koneksi yang rada lelet sehingga sering mendapatkan discon alias disconnect:D.

Seperti yang terjadi baru saja, saya mendownload driver - driver dari sebuah laptop yang file - filenya lumayan gede, saat menggunakan firefox begitu error saya tidak bisa melakukan apa - apa lagi, otomatis harus ulang dari awal, disinilah yang membuat saya memaksa menggunakan opera lagi, karena file yang tadi download kemudian putus bisa dilanjutkan lagi hanya dengan menekan tombol resume di window transfer.

Sepertinya saya akan mencoba memaksakan penggunaan opera lagi, dan mecari tahu kenapa selalu muncul bug buddy error.

Hidup Opera!!!
Read More..